Rabu, 08 Maret 2017

Mengenal Inkscape

Assalamualaikum wr.wb
Halo teman semua, pada kesempatan hari ini saya akan memberikan materi tentang apa Inkscape, berikut materinya.






PENGERTIAN
Menurut Wikipedia Inkscape adalah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL.
 
LATAR BELAKANG
Inkscape merupakan perangkat grafis mutakhir, powerfull serta fitur yang disediakan cukup banyak dan hasil gambarnya sangat bagus dan lembut.

MAKSUD DAN TUJUAN
Lebih mengenal tentang inkscape dan fitur-fitur apa saja yang tersedia di inkscape tersebut.
 
PEMBAHASAN
         Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz. SO berbasis Unix dan Windows implementasi untuk SVG dan CSS diinkscape tidak mendukung animasi SVG dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG diimplementasikan pada versi 0.4.7. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pad dan antarmuka baru secara rutin pada sebagian besar editor grafik komersil. Tahun 2010 dalam pengembangan aktif dengan penambahan fitur pada setiap rilis baru.

Sejarah Inkscape
Inkscape dirilis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi, soripodi itu sendiri yang dikembangkan sejak tahun 1999 didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application) buah karya dari Raph Levien.

Sejak digantinya dalam fork itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa C ke C++ berubah ke GTK+ toolkitC++ bindings(gtkmm) merancang ulang antarmuka dan menambah fitur baru. Penerapan terhadap standart SVG telah menunjukan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap.

Sejak tahun 2005, inkscape ikut serta didalam Summer of Code program dari Google. Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program inkscape ditanami di sourceforge, tetapi pada tahun 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke launcpad
 
Kelebihan Inkscape
Untuk fiturnya sendiri tidak kalah dengan corelDraw atau illustrator dan karena inkscape dikhususkan untuk mengolah file dengan format svg maka hasilnya lebih bagus dan lembut.

Kekurangan Inkscape
Kekurangannya yaitu filenya apabila disimpan selain svg khususnya png maka kemungkinan gambarnya tidak sempurna karena inkscape dikhususkan untuk mengolah file svg. Untuk mengeditnya anda bisa menggunakan GIMP, GIMP dapat mengkonversi gambar vektor ke bitnam dengan baik dengan ukuran ynag lebih kecil serta file yang didukungnya juga banyak.

Dibawah ini adalah tampilan dari Inkscape



KESIMPULAN
Inkscape dikhususkan untuk mengolah file dengan format SVG dengan begitu hasilnya akan lebih bagus dan lembut.
 
REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape
http://alusplus.blogspot.co.id/2012/01/mengenal-inkscape.html

Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar