Kamis, 26 Januari 2017

Mengenal SQL

LATAR BELAKANG
Selain menggunakan phpmyadmin, dalam membuat database kita juga bisa membuatnya diterminal dengan perintah-perintah atau sintaks pada SQL.

MAKSUD DAN TUJUAN
Mengetahui perintah-perintah untuk membuat database dengan SQL
 
PEMBAHASAN
Structured Query Language atau SQL merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen data.

Standarisasi SQL dimulai pada tahun 1986 dengan dikeluarkannyastandar SQL oleh ANSI, standar ini sering disebut SQL86. Kemudian diperbaiki pada tahun 1989 dan diperbaiki lagi pada tahun 1992 versi tersebut dikenal dengan SQL92. Pada tahun 1999 dikeluarkan standar baru yaitu SQL99 akan tetapi kebanyakan implementasi mereferensi pada SQL92.

Secara Umum SQL terbagi menjadi 2 bahasa antara lain :
DDL (Data Definition Language) digunakan untuk mendefinisikan, mengubah serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data.
Secara umum DDL digunakan adalah CREATE untuk untuk membuat basis data maupun objek basis data, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada dan DROP untuk menghapus objek.
CREATE, digunakan untuk membuat basis data maupun objek basis data. Yang umum digunakan :
Untuk membuat database baru : create database nama_database
Untuk membuat tabel baru pada database : create table nama_tabel.
Contoh :



DML (Data Manipulation Language) untuk memanipulasi data dalam suatu tabel. Perintah yang umum digunakan :

SELECT, perintah yang digunakan untuk menampilakan data dari satu atau lebih tabel, biasanya dalam databse yang sama.INSERT, perintah yang digunakan untuk menyimpan data dalam tabel.
sintaks : INSERT INTO nama_tabel (daftar_field) VALUES (daftar_nilai)
contoh :
DELETE, perintah yang digunakan untuk mengahpus data. sintaks yang digunakan : DELETE from (nama_table) where (kondisi).
Contoh : DELETE from test where nama='test';
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan kita bisa membuat database diterminal selain diphpmyadmin dengan perintah SQL.

REFERENSI 
https://id.wikipedia.org/wiki/SQL 

0 komentar:

Posting Komentar