Rabu, 25 Januari 2017

Tipe Data

Assalamualaikum wr.wb
Halo teman semua, pada hari ini saya akan memposting materi tentang tipe data, berikut materinya .


PENGERTIAN
Tipe data adalah klasifikasi data yang memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer berniat untuk menggunakan data. Kebanyakan bahasa pemrograman mendukung berbagai jenis data, misalnya: nyata, bulat atau Boolean. Jenis data menyediakan seperangkat nilai-nilai yang merupakan ekspresi (yaitu variabel, fungsi ...) dapat mengambil nilai-nilainya. Jenis yang mendefinisikan operasi yang dapat dilakukan pada data, arti dari data, dan nilai-nilai cara tipe yang dapat disimpan.
 
LATAR BELAKANG
Bahasa pemrograman merupakan instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programer dapat menentukan secara persis data mana yang diolah oleh komputer, bagaimana data ini disimpan/diteruskan dan langkah apa ynag harus diambil.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui apa saja tipe data yang digunakan serta untuk mengetahui fungsi dari masing-masing tipe data.
 
PEMBAHASAN
Kelas tipe data :
Tipe Data Primitif adalah tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabel. Tipe ini merupakan tipe yang dasar yang sering dipakai oleh program.
  • Numerik, digunakan pada variabel konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk angka.
  1. Integer, merupakan tipe data yang berupa bilangan bulat.
  2. Floating point, biasanya mewakili nilai-nilai sebagai presisi tinggi nilai-nilai pecahan(bilangan rasionnal, matematis) tapi kadang disebut real, Output dari nilai-nilai ini sering diwakili dalam format angka desimal.
  3. Titik tetap, mewakili nilai-nilai moneter. Mereka sering dilaksanakan secara interneal sebagai bilangan bulat yang mengarah ke batas yang telah ditetapkan.
  • Karakter (char), merupakan tipe data yang mampu menyimpan 1 digit karakter. Yang termasuk dalam nilai karakter :
  1. Karakter huruf :'a'.....'z', 'A'...'Z'.
  2. Karakter angka: '0'...'9'
  3. Karakter tanda baca : titik (.), koma(,), titik koma(;), titik dua(:). dsb.
  4. Karakter khusus : $, %, #, @ dsb.
  • Boolean, merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nila TRUE atau benar dan FALSE atau salah

Tipe data Composite, memiliki lebih dari satu jenis primitif dapat dilakuan dalam beberapa cara.
  • Array, merupakan tipe data yang sudah terstruktur dengan baik meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama dalam satu variabel.
  • Record atau struct juga termasuk tipe data yang dikenal dalam bahsa pascal/delphi sedangkan struct dalam bahasa C++. Berbeda halnya dengan araay kalau tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe yang berbeda-beda.
  • Image, merupakan tipe data grfik.
  • Date Time, nilai data untuk tanggal(date) dan waktu(time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data date dapat digunakan untuk menyimpan baik tanggal maupun jam.
  • Object, digunakan untuk menyimpan nilai yang terhubung dengan objek-objek yang disediakan oleh bahasa pemrograman yang berbasis GUI.
  • Subrange merupakan tipe data bilangan yang mempunyai jangkauan nilai tertentu sesuai dengan yang ditetapkan programer biasanya memiliki batas min dan batas mak.
  • Enumerasi, merupakan tipe data yang mempunyai elemen yang harus.  disebut satu persatu dan bernilai konstanta integer sesuai urutannya.
Tipe data lainnya
Tipe data terstuktur
  • Tipe data string, suatu tipe data yang menyimpan array. 
  • Tipe data set, merupakan suatu himpunan yang berisi nilai (anggota). Set merupakan tipe data yang khusus untuk pascal. Set dalam pemrogramaman mirip dengan ilmu matematika. Manfaat dari penggunaan tipe data set adalah untuk mengecek apakah suatu nilai muncul dalam suatu range tertentu. Misalnya, untuk menentukan apakah suatu karakter berupa Lower Case Letter (huruf kecil), mis. Ch adalah tipe Char, kita bisa menulis, if (Ch >= 'a') and (Ch <= 'z') then Writeln( Ch,' merupakan huruf kecil.'); atau, dengan notasi set, kita bisa menulis, if Ch in ['a'..'z'] then Writeln( Ch,' merupakan huruf kecil.');
Tipe data Pointer, merupakan variabel khusus yang berisi suatu address dilokasi lain didalam memori. Ada dua macam pointer diantaranya :
  • Typed(tertentu) merupakan pointer yang menunjuk pada ti[e data tertentu pada variabel.
  • Generic (umum) merupakan pointer yang tidak menunjuk pada tipe data tertentu pada variabel.


  
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan kita dapat mengetahui fungsi dari masing-masing tipe data selain itu tipe data dapat melengkapi dalam pembuatan database.
 
REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/Data_type
http://westborneoblogger.blogspot.com/2015/08/pengertian-dan-jenis-jenis-tipe-data.html

0 komentar:

Posting Komentar