Kamis, 02 Februari 2017

Perbedaan Front-end dan Back-end

Assalamualaikum wr. wb
Halo teman-teman pada kesempatan kali saya akan memposting tentang Perbedaan front-end dan back-end.


LATAR BELAKANG
Dalam dunia web developer, front-end dan back-end merupakan bagian terpenting dalam pembuatan aplikasi desktop maupun mobile maka dibagilah menjadi dua tim.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui masing-masing tugas dari front-end dan back-end.
 
PEMBAHASAN
Apa itu front-end? apa itu back-end? dan apa perbedaanya?

Front end Developer.
front-end adalah bagian utama dari sebuah situs web yang berinteraksi langsung dengan pengguna atau pengunjung. Segala sesuatu yang terlihat ketika melakukan navigasi dalam sebuah halaman web, baik itu font, warna, menu dropdown, dan slider merupakan hasil pennggabungan dari fungsi HTML, CSS dan Javascript. Front-end developer adalah programmer yang fokus pada front-end/layout web, yang biasanya dituntut untuk membuat sebuah tampilan yang menarik, baik dan interaktif sehingga pengunjung dapat merasa nyaman dan enak dipandang.

Keterampilan dan Tools
Untuk menguasai front-end developer ada tiga yang harus menguasai tiga utama : HTML, CSS, Javascript. Selain itu juga harus terbiasa dengan framework seperti Bootstrap, Foundation, Backbone, AngularJ, dan EmberJ untuk membatu layout untuk tetap sempurna ketika dibuka menggunakan perangkat apapun, juga menggunakan library seperti jquery dan less, sehingga untuk proses pengembangan menjadi lebih mudah dan efisien. Front-endbertanggungjawab atas desain interior sebuah rumah yang telah dibangun oleh back-end developer.

Back-end Developer
back-end merupakan Programmer yang lebih fokus pada fungsi-fungsi dari website tersebut, misalnya membuat form registrasi, pembayaran dan lain sebagainya, karena itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming juga diantaranya php, sql, java dan lain sebagainya.

Keterampilan dan Tools
Dalam membangun server, aplikasi dan database yang berkomunikasikan satu sama lain, menggunakan bahasa pemrograman sisi-server seperti PHP, Ruby, Phyton, java, oracle dan SQL Server untuk menentukan, menyimpan atau mengubah data dan menyajikan kembali pengguna dalam kode front-end.

KESIMPULAN
Dapat disimpulkan bahwa programmer memiliki tugas masing-masing dan tugas tersebut dibagi menjadi dua yaitu front-end yang mengerjakan layout dan back-end yang mengerjakan fungsi-fungsi dari web.
 
REFERENSI

Sekian dan terimakasih 

0 komentar:

Posting Komentar