Sabtu, 04 Februari 2017

PHP Part 2 : Variabel

Assalamualaikum wr.wb
Halo teman semua, nah sebelumnya kita telah belajar mengenai sintak dasar, sekarang kita akan mempelajari dari sintak dasar PHP tersebut yaitu Variabel. Berikut materinya






PENGERTIAN
Menurut Wikipedia variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (didalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui.

LATAR BELAKANG
Dengan melalui variabel kita bisa memanipulasi data input agar menjadi nilai yang kita inginkan.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
Mempelajari dan memahami variabel dalam PHP.
 
PEMBAHASAAN
Penulisan Variabel
Aturan dalam pemberian nama variabel :
Variabel diawali simbol dolar "$", variabel dalam PHP harus diawali dengan simbol "$". Setelah simbol $, sebuah variabel PHP harus diikuti dengan karakter pertama berupa huruf atau underscore"_". kemudian karakter kedua dst bisa menggunakan huruf, angka maupun underscore akan tetapi pada variabel tidak boleh diawali dengan angka.

Contoh :
<?php
$i;
$nama;
$umur;
?>

Variabel dalam PHP bersifat case sensitif
PHP dibedakan dengan penulisan huruf besar dan kecil (bersifat case sensitif) sehingga apabila $nama berbeda dengan $Nama maka keduanya merupakan variabel yang berbeda. Untuk menghindari kesalahan pada rogram, disarankan untuk menggunakan huruf kecil saja untuk semua variabelnya.

Cara Memberikan NIlai pada Variabel
Untuk memeberikan nilai pada suatu variabel, PHP menggunakan tanda "=". Operator sama dengan dikenal dengan istilah Assigment Operators. Sedangkan perintah untuk pemberian nilai pada variabel disebut assigment. Jika variabel belum pernah digunakan dan langsung diberikan nilai awal, disebut dengan proses inisialisasi.
Dibawah ini contoh memberikan nilai awal ada variabel :
<?php
$nama = "dian";
$umur = "17";
?>

Variabel dalam PHP tidak memerlukan deklarasi terlebih dahulu
Apabila anda sudah pernah belajar C++, pascal maupun visual basic, didalam bahsa pemrograman tersebut variabelnya harus dideklarasikan terlebih dahulu terlebih dahulu. Akan tetapi di PHP variabel tidak perlu dideklarasikan, anda bebas membuat variabel ditengah-tengah kode programnya.
Contoh :
<?php
$nama="dian";
echo $nama;
?>

Variabel dalam PHP tidak bertipe
Dalam kelompok bahasa pemrograman, PHP termasuk loosely type language yaitu jenis jenis bahasa yang variabelnya tidak terkait dengan tipe tertentu. Berbeda dengan bahasa pemrograman desktop membuat sebuah variabel tipe integer, yang menampung nilai angka, dan tidak bisa mengisi dengan huruf.
<?php
$b=17; // variabel integer
$b="dian" // nilai variabel b diubah menjadi kata (string)
$b= 17.5 // nilai variabel b diubah menjadi desimal (float)

Variabel Sistem PHP (Predefined Variables)
Merupakan beberapa variabel yang telah didefinisikan secara sistem oleh PHP dan kita sebaiknya tidak memebuat variabel dengan nama yang sama.
Contoh :
$_GET, $_POST, $_SESSION, $_SERVER, $GLOBALS, $_FILES, $_COOKIE.


KESIMPULAN
Dapat disimpulkan kita dapat mempelajari aturan-aturan untuk membuat variabel dan kegunaan dari variabel tersebut.
 
REFERENSI 
https://id.wikipedia.org/wiki/Variabel_(ilmu_komputer)
http://www.duniailkom.com/pengertian-variabel-dan-cara-penulisan-variabel-php/ 

Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar