Jumat, 03 Februari 2017

Pengenalan PHP

Assalamualaikum wr. wb
Halo teman semua pada kesempatan kali ini saya akan memposting materi tentang PHP


PENGERTIAN
Menurut Wikipedia PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa script yang dapat ditanamkan atau disisipkan kedalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

LATAR BELAKANG
Sebelum mengetahu lebih dalam tentang PHP kita harus belajar dasar-dasarnya terlebih dahaulu.
  
MAKSUD DAN TUJUAN
Agar mengerti tentang apa itu PHP
 
PEMBAHASAN
Pengertian PHP 
Menurut Wikipedia PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa script yang dapat ditanamkan atau disisipkan kedalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Sejarah PHP
Pada awalnya PHPmerupakan kependekan dari Personal Home Page (situt personal). PHP pertama kali dibuat oleh Pasmus Lerdorf pada tahun 1995 pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpretedc(FI) wujudanya berupa script yang digunakan untuk mengolah formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut umumnya.

Pada November tahun 1997 dirilis Php/f1 2.0, Interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Rilis ini disertai juga modul ekstesi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Ditahun yang sama perusahaan yang bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, baik dan lebih cepat. Pada tahun 1998 dirilislah PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing. Pada pertengahan 1999 Zend merilis PHP baru dengan PHP 4.0versi ini lebih banyak dipakai pada awal 21 sebab kemampuannya untuk membangun aplikasi web komplek.

Sintak dasar PHP
PembatasPembatas yang paling umum adalah <?php untuk membuka dan ?> untuk menutup kode PHP dengan tujuan untuk memisahkan kode PHP dari kode diluar PHP seperti html, javascript.

Variabel
Variabel diawali dengan simbol dolar $. Pada versi PHP 5 diperkenalkan jenis isyarat yang memungkinkan fungsi untuk memaksa mereka untuk menjadi paramenter objek dari class tertentu, array atau fungsi. Tetapi tidak dapat digunakan untuk jenis skalar seperti angka atau string. Contoh $nama_variabel. Penulisan fungsi, penamaan kelas, nama variabel peka akan huruf kapital dan huruf kecil dikutip ganda dari string memeberikan kemampuan untuk interpolasi nila variabel kedalam string PHP. PHP menerjemahkan baris sebagai spasi dan pernyataan harus diakhiri titik koma.

Komentar
Untuk memberikan komentar ada 3 jenis sintak yang pertama tanda blo /**/,  kedua komentar 2 baris // yang ketiga tanda pagar #. Komentar ini bertujuan untuk meninggalkan catatan pada PHP dan tidak akan diterjemahkan keprogram.

Fungsi 
Ratusan fungsi disediakan oleh PHP  serta tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan. Fungsi ini didokumentasikan dalam dokumentasi PHP. Namun dalam berbagai tingkat pengembangan kini memiliki berbagai konvensi penamaan. 

Tipe Data
Di PHP ada 8tipe data diantaranya :
  • Boolean
  • Integer
  • Float/ double
  • String
  • Array 
  • Object
  • Resource
  • Null
Kelebihan menggunakan PHP :
  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunanya.
  2. Web server mensukung PHP dapt ditemukan dimana-mana dari apache, IIS, hingga xintami denga konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam pengembangan lebih mudah karena kebanyakan milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Sisi pemahaman, PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan berbagai OS dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah sistem.
KESIMPULAN
Kesimpulannya kita bisa lebih memahami dasar-dasar dari PHP.

REFERENSI 
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP

Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar