Sabtu, 31 Desember 2016

Belajar CSS : Pengenalan CSS



Latar belakang
Dunia informatika akan selalu berkembang mengikuti jaman. Hal yang paling nampak adalah perkembangan internet. Saat ini semakin banyak bermunculan website-website di dunia maya. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang  Pengenalan CSS yang merupakan aturan untuk mengatur komponen dalam sebuah web.

Maksud dan Tujuan 
Untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan gaya untuk halaman web , termasuk desain, tata letak dan variasi tampilan untuk perangkat yang berbeda dan ukuran layar pada css dengan baik dan benar.

Pengertian
CSS singkatan dari Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam akan tetai CSS bukan merupakan bahasa pemograman. CSS banyak dipakai untuk memformat tampilan yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

Versi CSS
Untuk saat ini versi CSS ada 3, antara lain :
  • CSS 1,  merupakan CSS versi pertama yang ditetapkan oleh W3C pada tanggal 17 Agustus 1996 sebagai bahasa pemrograman standard dalam pembuatan web.
  •  CSS 2, CSS versi kedua yang merupakan perkembangan dari versi yang pertama. Dikembangkannya CSS versi 2 untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan di printer.
  • CSS 3, merupakan versi yang terbaru yang mampu untuk menampilkan berbagai desain web. Juga dapat menampilkan animasi pada tampilan web seperti animasi warna hingga 3D.
Penulisan CSS
Saat masuk pada bagian CSS, sering dijumpai kode sebagai berikut:

h1 {
    color: #0789de;
   } 
 
Bagian pertama sebelum tanda '{}' dinamakan selector, sedangkan yang diapit oleh '{}' disebut declaration yang terdiri dari dua unsur, yaitu property dan value.Selector dalam pernyataan di atas adalah h1, sedangkan color adalah property, dan #0789de adalah value.

Selain itu ada 2 metode penulisan CSS atribut, yaitu :
  • Inline Style Sheet, cara penulisannya cukup dengan menambahkan atribut style="..." dalam tag HTML tersebut.Style hanya akan berlaku pada tag yang bersangkutan, dan tidak akan memengaruhi tag HTML yang lain. Contoh penulisan :
 
  •  Embedded Style Sheet, didefinisikan dalam tag <style> ... </style> di atas tag <body>.
    Contoh penulisan :
   
Sifat CSS
Sifat CSS ada 2 yaitu internal dan eksternal. Jika internal digunakan secara langsung ke halaman web yang akan didesain. Sedangkan eksternak script CSS dipisah dan diletakkan dalam berkas khusus.
Sekian dan Terimakasih semoga bermanfaat
Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar