Kamis, 29 Desember 2016

Internet

Assalamualaikum wr. wb
Halo semua, pada kesempatan kali saya akan memposting tentang internet dari pengertian, sejarah internet serta bagaimana internet pada saat ini.



Latar Belakang
Teknologi memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan masyarakat saat ini, dengan adanya teknologi manusia dapat berkomunikasi dengan saudara-saudara yang jauh sekalipun. Pada jaman sekarang teknologi sudah sangat canggih, diantaranya internet dengan adanya internet kita dapat mendapatkan informasi yang kita butuhkan, selain itu internet dibidang pendidikan sangat membantu untuk menambah ilmu pengetahuan kita.

Maksud dan Tujuan
  • Mengetahui pengertian internet
  • Mengetahui sejarah internet
  • Mengetahui Budaya Internet 
  • Mengetahui layanan-layanan di Internet
Pengertian
Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sejarah Internet
Internet dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yaitu  mereka mendemostrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX, yang dapat dilakukan komunikasi pada jarak jauh tak hingga melalui saluran telepon. Tujuan dibentuknya proyek itu adalah untuk keperluan militer, untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada awalnya ARPANET hanya menghubungakan 4 situs diantaranya : Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu. Pada bulan Oktober 1972 secara umum diperkenalkan. Tidak membutuhkan waktu yang lama kemudian proyek ini berkembang pesat keseluruh daerah dan universits-universitas yang bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Maka dari itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer contohnya universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan itu dikenal denga nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Budaya Internet
Jumlah pengguna internet yang semakin besar, telah  mewujudkan budaya internet yang memiliki pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia. Dengan adanya mesin pencarian seperti google seluruh pengguna di seluruh dunia mempunyai akses yang sangat mudah untuk mencari berbagai macam informasi. Perkembangan internet juga berpengaruh pada dunia perekonomian melalui e-commerce selain itu juda di dunia pemerintahan melalui e-government



 
Layanan-layanan yang ada di Internet
  • Email atau Elektonic Mail 
  • Usenet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
  • WWW atau World Wide Web merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama-sama.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet 
Cukup sampai disini postingan dari saya.
 Terimaksih semoga bermanfaat

 

0 komentar:

Posting Komentar